HOME ยป POLITIK
POLITIK
Kamis, 07 Desember 2017 , 10:23:00 WIB

Berkas Balon, KPUD Temukan KTP Usang dan Non Elekronik

Laporan: Delta Handoko





RMOL. Meskipun hasil verifikasi adminstarasi berkas dukungan balon perseorangan atau independen akan di umumkan melalui pleno KPUD besok, Jum'at (8/12), namun saat dilakukan verifikasi oleh petugas, KPUD Kota Pagaralam menemukan berkas dukungan yang diserahkan oleh balon Kartu Tanda Penduduk (KTP) lama alias KTP Non Elektronik, bahkan ada KTP lama (usang) semasa Pagaralam masih dibawah Kabupaten Lahat.

Ketua Devisi Progaram dan Data KPUD Kota Pagaralam Rahmad Qori Setiawan mengatakan, hasil verifikasi ditemukan juga bentuk dukungan yang dilampiri fhotocopy Kartu Keluarga (KK), sehingga bukti dukungan ini dinyatakan tidak sah atau tidak memenuhi persyaratan.

"Sesuai dengan Undang-undang Nomor 10 tahun 2016 tentang pilkada bahwa bukti dukungan diwajibkan melampirkam fhotokopy e-KTP atau minimal surat keterangan dari Disdukcapil," jelas Qori.

Ia mengatakan,dengan ditemukanya adanya fhotocopy KTP non elektronik dan KTP lama tersebut membuat jumlah dukungan yang diserahkan balon otomatis berkurang.

"Dan bilamana kekurangan tersebut mempengaruhi jumlah minimal yang di tetapkan KPUD Pagaralam (10,452) maka kekurangan tersebut harus diganti sejumlah dua kali lipat jumlah kekurangan," imbuhnya.

Sebagaiman diberitakan sebelumnya, KPUD Kota Pagaralam menerima tiga berkas dukungan dari balon perseorangan yakni pasangan Novirzah-Suharindi dengan jumlah dukungan 14.819 kemudian pasangan Ludi Oliyansyah-A.Fachri dengan jumlah dukungan 13.371 dukungan dilanjutkan dengan pasangan Hermanto-Musubaqoh dengan jumlah dukungan 11,662 dukungan.[rik]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :