HOME ยป SELEB
SELEB
Kamis, 07 Desember 2017 , 18:10:00 WIB

Viral, Gubernur Ganteng di Pusaran Korupsi

Laporan: Intan Sriwidari





RMOL.Keterlibatan Gubernur Jambi Zumi Zola dalam kasus dugaan suap terkait pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) Jambi tahun 2018 menyita perhatian publik. Terlebih setelah videonya diupload CNN di youtube beberapa jam lalu

Seperti  disampaikan Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (29/11/2017)., KPK akan terus mengembangkan kasus suap RAPB Jambi.

"Apakah kasus ini ada perintah gubernur, masih dalam pengembangan apa ada perintah khusus atau tidak. Tapi segera mungkin akan ada kepastian ada perintah atau tidak," ujar Basaria.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) menetapkan empat tersangka pasca operasi tangkap tangan di Provinsi Jambi dan Jakarta. Keempat tersangka yakni, pelaksana tugas Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Erwan Malik, dan Asisten Daerah III Provinsi Jambi, Saipudin.

Kemudian, pelaksana tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi, Arfan, dan anggota DPRD Jambi, Supriono.

"Setelah dilakukan gelar perkara, disimpulkan ada dugaan korupsi, memberi atau menerima hadiah atau janji. KPK meningkatkan status penanganan perkara ke tingkat penyidikan dan menetapkan empat tersangka," ujar Basaria.

Keempat orang tersebut ditangkap dalam operasi tangkap tangan yang dilakukan pada Selasa (28/11/2017) di Jambi dan Jakarta. Tangkap tangan bermula saat KPK menangkap Supriono setelah menerima uang Rp 400 juta yang dibungkus kantong plastik hitam dari Saipudin.

Menurut Basaria, uang tersebut merupakan bagian dari total uang yang akan diberikan kepada anggota DPRD. Uang tersebut bersumber dari pihak swasta yang sudah biasa menjadi rekanan Dinas PU Provinsi Jambi.

KPK menduga suap tersebut terkait pembahasan dan persetujuan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) 2018.[sri]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :